PENDAFTARAN SISWA/I BARU (nol biaya/gratis) dan Informasi hub. 085295870267 (Pak Teten)

Sabtu, 09 April 2011

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) IPS Kelas 1 SD/MI

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : I/2
Pertemuan Ke- : ....
Alokasi Waktu : 6 × 35 menit
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan lingkungan rumah
Kompetensi Dasar : Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami
sendiri di lingkungan keluarga
Indikator : 1. Mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada dirinya
sendiri
2. Mendeskripsikan peristiwa yang terjadi di lingkungan
keluarganya
1. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada dirinya sendiri.
b. Siswa dapat mendeskripsikan peristiwa yang terjadi di lingkungan keluarganya.
2. Materi Pokok
Peristiwa penting di lingkungan keluarga.
3. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, penugasan, dan ceramah bervariasi.
4. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
a. Kegiatan Awal
1) Ucapan selamat atas prestasi yang diperoleh siswa setelah menerima
rapor semester 1.
2) Guru memotivasi siswa untuk belajar lebih giat lagi. Bagi siswa yang
prestasinya sudah baik harus terus dipertahankan, sedangkan siswa yang
prestasinya masih kurang baik harus terus belajar agar menjadi lebih baik.
b. Kegiatan Inti
1) Guru membagikan buku Cakrawala Pengetahuan Sosial SD 1B kepada
siswa.
2) Guru menerangkan tentang pengertian peristiwa. Peristiwa adalah
kejadian yang menarik.
3) Siswa diminta untuk menyimak bacaan tentang peristiwa diri.
4 KTSP Cakrawala Sosial SD 1B R1
4) Guru menanyakan kepada siswa apakah pernah mengalami peristiwa
diri yang sangat berkesan.
5) Guru menunjuk beberapa siswa untuk menceritakan peristiwa yang dialaminya
di depan kelas. Siswa yang lain mendengarkan dengan saksama.
6) Guru memberi pengertian bahwa di balik suatu peristiwa pasti ada
hikmah dan pengalaman yang dapat diambil.
7) Siswa diminta untuk mengungkapkan hikmah dari bacaan peristiwa
diri pada bab ini.
8) Guru menerangkan pentingnya makan pagi (sarapan) bagi tubuh terkait
dengan aktivitas yang dilakukan, seperti upacara dan olahraga.
9) Guru juga menjelaskan bahwa setiap orang pasti mempunyai peristiwa
diri yang berbeda-beda. Peristiwa diri yang dialami akan menjadikan
setiap orang mempunyai pengalaman sehingga dapat mengambil
hikmah dari semua peristiwa yang pernah dialaminya.
c. Kegiatan Akhir
Guru meminta setiap siswa menuliskan pengalaman membahagiakan dan
menyakitkan yang pernah dialami dalam kolom seperti berikut.
Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan mendatang.
pengalaman menyenangkan pengalaman menyakitkan
.................................................. ......................................................
.................................................. ......................................................
.................................................. ......................................................
.................................................. ......................................................
.................................................. ......................................................
.................................................. ......................................................
.................................................. ......................................................
.................................................. ......................................................
.................................................. ......................................................
.................................................. ......................................................
Pertemuan Ke-2
a. Kegiatan Awal
1) Guru meminta siswa mengumpulkan tugas pada pertemuan sebelumnya.
2) Guru mengulas sekilas tentang hasil pekerjaan siswa dan mendiskusikan
bersama siswa.
3) Guru menyimpulkan hasil pekerjaan siswa.
KTSP Cakrawala Sosial SD 1B R1 5
b. Kegiatan Inti
1) Guru menerangkan pentingnya siswa mematuhi nasihat dari orang tua.
Hal ini disebabkan nasihat orang tua merupakan hal yang terbaik bagi
anaknya.
2) Siswa diminta menyimak cerita tentang dani yang tidak mendengarkan
nasihat ibunya pada buku materi.
3) Guru menanyakan akibat yang dialami dani karena tidak mematuhi
nasihat ibunya. Beberapa siswa menjawab pertanyaan yang diajukan
guru.
4) Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa terkait cerita
tentang dani dan nasihat ibunya.
5) Selanjutnya, guru membacakan cerita tentang fani yang patuh pada
orang tuanya.
6) Guru mencontohkan tokoh fani sebagai anak yang rajin membantu orang
tuanya, penurut. Oleh karena itu, fani disayang kedua orang tuanya.
7) Guru memberi pertanyaan kepada siswa, bagaimana cara siswa menjadi
anak yang baik.
8) Siswa diminta mengerjakan tugas yang ada dan diminta mengerjakan
PR yang dibuat guru di rumah.
c. Kegiatan Akhir
Guru menutup pertemuan ini dengan salam dan mengingatkan agar tugas
yang sudah ia beri dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
Pertemuan Ke-3
a. Kegiatan Awal
1) Guru mengucapkan salam dan melakukan presensi.
2) Guru meminta siswa untuk mengumpulkan tugas yang diberikan pada
pertemuan sebelumnya.
3) Guru bersama siswa mendiskusikan hasil pekerjaan yang telah
dikerjakan dan membuat kesimpulan.
b. Kegiatan Inti
1) Guru menceritakan tentang beberapa peristiwa yang terjadi di keluarganya
saat dirinya masih kecil sampai sekarang.
2) Guru menerangkan bahwa seperti halnya peristiwa diri, peristiwa di
lingkungan keluarga juga ada yang menyenangkan dan ada yang kurang
menyenangkan. Contoh peristiwa keluarga yang menyenangkan adalah
saat wisuda, menikah, dan mempunyai anak.
3) Guru bercerita tentang contoh peristiwa keluarga yang kurang menyenangkan,
misalnya saat tertimpa kecelakaan atau saat ada saudara yang
meninggal.
6 KTSP Cakrawala Sosial SD 1B R1
4) Siswa diminta menyimak bacaan saat kakek hasan meninggal. Guru
memberi pertanyaan apa yang harus dilakukan saat ada orang yang
kita cintai meninggal dunia. Beberapa siswa ditunjuk untuk menjawab
pertanyaan yang diajukan oleh guru.
5) Guru menjelaskan bahwa sebagai hamba Tuhan, manusia harus
senantiasa kuat menghadapi cobaan berupa peristiwa-peristiwa yang
terkadang tidak kita kehendaki.
6) Guru meminta siswa untuk menuliskan peristiwa-peristiwa keluarga
seperti di bawah ini.
Peristiwa keluargaku
1. ................................................................................................
2. ................................................................................................
3. ................................................................................................
4. ................................................................................................
5. ................................................................................................
c. Kegiatan Akhir
Guru dan siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang sudah dijalankan.
Guru juga selalu memotivasi siswa untuk lebih tekun belajar agar
prestasi yang diraih dapat maksimal.
5. Alat dan Sumber Belajar
a. Buku Cakrawala Pengetahuan Sosial SD 1B terbitan PT Tiga Serangkai,
Solo.
b. Gambar peristiwa-peristiwa keluarga.
6. Penilaian
a. Tertulis (Aspek Kognitif)
Guru memberikan ulangan tertulis kepada siswa. Soal-soal ulangan dapat
dibuat sendiri oleh guru. Siswa yang mampu, diberikan soal yang relatif
lebih sulit. Misalnya, mengapa sarapan pagi dapat menjadikan tubuh lebih
segar atau bugar? Siswa yang relatif belum mampu, dapat mengerjakan
tugas yang telah ada. Selain itu, siswa dapat diberi tugas untuk menuliskan
hal-hal yang dilakukan saat bangun tidur sampai berangkat sekolah.
b. Kinerja (Aspek Afektif)
Bentuk penilaian kinerja dapat dilihat dari penilaian sikap. Siswa mampu
membedakan bagaimana bersikap sebagai seorang pelajar dengan
mengenakan seragam sekolah yang rapi. Guru dapat memberi variasi tugas,
KTSP Cakrawala Sosial SD 1B R1 7
misalnya dengan menceritakan sikap si A yang setiap berangkat sekolah
selalu tidak menggosok gigi atau tidak menyemir sepatunya. Setelah itu,
anak diminta untuk memberi komentar.
c. Penugasan (Aspek Psikomotorik)
Lembar penugasan dapat dibuat sendiri oleh guru. Contoh bentuk penugasan
adalah sebagai berikut.
Guru meminta siswa untuk membawa foto peristiwa yang terjadi pada keluarga
(tidak hanya ayah, ibu, dan anak-anaknya, tetapi saudara-saudara yang lain).
Contoh foto yang dibawa, misalnya perayaan pernikahan atau kegiatan yang
lain. Setelah itu, guru membimbing siswa untuk menceritakan peristiwa itu.
d. Portofolio
Lembar portofolio dapat dibuat sendiri oleh guru. Contohnya sebagai berikut.
Mengetahui, ............................................
Kepala Sekolah SD ...... Guru Mata Pelajaran
(____________________) (____________________)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar