PENDAFTARAN SISWA/I BARU (nol biaya/gratis) dan Informasi hub. 085295870267 (Pak Teten)

Rabu, 20 April 2011

Sejarah MIS AL KHOERIYAH CIBATU


TAHUN 1963, ulama bernama KHR. Badruzaman mendirikan sebuah madrasah ibtidaiyah dengan nama Madrasah Ibtidaiayah (MI) Jabal, disesuaikan dengan nama lokasinya yaitu di kampung Jabal desa Girimukti kecamatan Cibatu kabupaten Garut Jawa Barat.

Sebagai lembaga pendidikan dasar yang sudah cukup lama berkiprah di masyarakat tentu saja MI Jabal telah banyak menghasilkan lulusan, bahkan tidak sedikit lulusan MI Jabal menjadi tokoh masyarakat maupun pejabat di instansi pemerintah maupun swasta.

Selama kurun waktu hampir 10 tahunan terakhir ini MI Jabal hampir saja ditinggalkan masyarakat sehingga sepi peminat. Akan tetapi Alhamdulillah berkat kerjasama harmonis dengan berbagai pihak, khususnya dengan tokoh-tokoh masyarakat, pejabat daerah dari mulai kepala desa sampai dengan bupati, serta keberpihakan pemerintah pusat maupun daerah terhadap dunia pendidikan di madrasah, perlahan tetapi pasti MI Jabal memasuki babak baru, yakni menjadi sumber inspirasi dan ikon pendidikan dasar di pedesaan.

Apalagi dengan bergantinya induk organisasi dan kepengurusan, yang tadinya di bawah naungan Yayasan Ma’arif NU, sekarang di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al Khaeriyyah Garut yang nota bene yayasan ini merupakan yayasan yang tumbuh dan berakar di masyarakat. Nama MI Jabal pun, sejak tahun 86an berganti menjadi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Khoeriyah Cibatu.
 
Berbagai bantuan baik  rutin maupun insidentalpun terus mengalir seiring dengan berubahnya jaman yang semakin kompetitif. Hanya yang sangat diperlukan melalui bantuan-bantuan yang  selama ini didapatkan adalah belum terpenuhinya sarana ruang kelas belajar yang sesuai dengan jumlah siswa, serta banyaknya alat-alat peraga pendidikan dan buku-buku pedoman guru, referensi maupun buku-buku pelajaran  dan bacaan anak-anak yang belum ditempatkan sebagaimana layaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar